SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : III
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Standar
kompetensi (Alquran) : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca
kalimat dalam Alquran
|
Membaca dan menulis kalimat dalam Aquran
|
1. Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran
melalui kalimat secara klasikal dan kelompok, melafalkan kalimat dalam
Alquran sesuai makhraj dan harakat secara klasikal, kelompok dan individu
serta guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar cara membaca
huruf-huruf Alquran sesuai harakat dan makhraj
|
1. Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui
kalimat dengan benar
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam
kalimat-kalimat di bawah ini:
a.
مَرْضِيٌّ
b.
يَدْخُلُ
c.
اَنْهَارٌ
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau
papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3 hal 1-7
4. Alquran (juz amma)
5. Kaset atau CD tentang cara baca Alquran engalaman guru
|
2. Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan
benar sesuai harakat dan makhraj
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini
sesuai harakat dan makhrajnya:
a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ
(Lihat Buku Pendidikan Agama
|
|||||
1.2 Menulis
kalimat dalam Alquran
|
Membaca dan menulis kalimat dalam Alquran
|
1. Siswa menulis kalimat Alquran dan menulis
ayat-ayat Alquran secara individu serta menampilkan kemampuan menulisnya di
depan kelas
|
1. Menuliskan kalimat Alquran dengan benar
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan kalimat-kalimat berikut dengan huruf
Alquran sambung
a.
allahu kabirun
b. fihi
mukhtolifun
c. lan tantahi
|
3 x 35
menit
|
1. Tulisan
huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2. Buku
tajwid
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 3 hal 7-9
4. Alquran (juz amma)
5. Kaset atau CD
tentang
cara menulis huruf Alquran
6. Pengalaman guru
|
2. Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar
|
Tes tulis
|
Penulisan
|
Tuliskan ayat-ayat Alquran berikut dengan huruf
Alquran sambung:
a. lam yalid walam yulad
b. amma
yatasa alun
c. kalla saya’lamunna
|
|||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : III
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Standar
kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal sifat wajib Allah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Menyebutkan
|
Sifat
wajib Allah SWT
|
1. Siswa mengemukakan
pendapatnya mengenai definisi sifat wajib bagi Allah SWT dan menyebutkan
|
1.
Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT
|
Tes
tulis
|
Essay
|
Apa definisi sifat wajib bagi
Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1.
Tulisan sifat wajib bagi Allah di karton atau papan tulis
2.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3
hal 14 - 18
3.
Pengalaman guru
4.
Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
Sebutkan dua sifat wajib bagi
Allah SWT!
|
|||||
2.2
Mengartikan
|
Sifat wajib Allah SWT
|
1. Siswa menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT
dengan makhluk-Nya, mengartikan
|
1. Menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan
makhluk-Nya
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa perbedaan penglihatan Allah SWT dengan
penglihatan manusia?
|
3 x 35 menit
|
1.
Tulisan
2.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3
hal 14-18
3.
Pengalaman guru
4.
Lingkungan sekitar
|
2. Mengartikan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa arti dari sifat wujud yang dimiliki Allah
SWT?
|
|||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) (
........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : III
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Standar
kompetensi (Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1
Menampilkan perilaku percaya diri
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
pengertian perilaku percaya diri menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya
diri, menyebutkan manfaat dan menjelaskan cara-cara menumbuhkan perilaku
percaya diri
|
1. Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang dimaksud dengan perilaku percaya diri?
|
3 x 35
menit
|
1. Gambar
peraga tentang perilaku percaya diri
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 3 hal
24-29
3. Alquran
(juz Amma)
4.
Pengalaman guru atau pribadi
5.
Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya
diri
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Andi bersedia menjadi wakil sekolahnya dalam
olimpiade fisika karena memiliki perilaku . . .
a. sombong
b. percaya diri
c. kikir
|
|||||
|
|
|
3. Menyebutkan manfaat percaya diri
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan satu manfaat dari perilaku percaya
diri!
|
|
1.
Gambar peraga tentang perilaku tekun
2.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,
hal 30-36
3.
Cerita yang berhubungan dengan perilaku tekun
4.
Tuliskan lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
5.
Alquran (jus Amma)
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
4. Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku
percaya diri
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tuliskan dua cara menumbuhkan perilaku percaya
diri!
|
|||||
3.2
Menampilkan perilaku tekun
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
pengertian perilaku tekun, menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun dan
menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar serta membaca dan menghafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar
|
1. Menjelaskan pengertian perilaku tekun
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui mengenai definisi tekun?
|
3 x 35
menit
|
1.
Gambar peraga tentang perilaku tekun
2.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3, hal
30-36
3.
Cerita yang berhubungan dengan perilaku tekun
4.
Tuliskan lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
5.
Alquran (jus Amma)
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
|
|
|
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun
|
Tes
tertulis
|
Pilihan
ganda
|
Aisyah berhasil mendapatkan
nilai tertinggi dalam ujian karena ia …
dalam belajar
a. tekun
b. malas
c. bermain
|
|
|
3. Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam
belajar dan bekerja
|
Tes
tertulis
|
Jawaban
singkat
|
Apa manfaat yang di dapat
dari perilaku tekun?
|
|||||
3.3
Menampilkan perilaku hemat
|
Perilaku terpuji
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang
pengertian perilaku hemat, menunjukkan contoh perilaku hidup hemat,
menjelaskan cara-cara hidup hemat dan menyebutkan keuntungan perilaku hidup
hemat
|
1.
Menjelaskan pengertian perilaku hemat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang dmaksud dengan perilaku hemat?
|
3 × 35 menit
|
1.
Gambar peraga tentang perilaku
hemat
2.
Cerita singkat yang berkaitan
dengan perilaku hemat
3.
Buku pendidikan Agama Islam Jilid
3 hal 37-42
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Pengalaman guru atau pribadi
6.
Lingkungan sekitar
|
2. Menunjukkan contoh perilaku hidup hemat
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Lusi anak yang hemat, ia selalu menyisihkan
uangnya untuk ….
a.
membeli mainan
b.
ditabung
c.
dihabiskan
|
|||||
3.
Menjelaskan cara-cara hidup hemat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Tuliskan dua cara hidup hemat!
|
|||||
4.
Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat yang dapat dipetik dari
perilaku hidup hemat
|
|||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) (
........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : III
Mata Pelajaran : Agama
Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Fiqih): 4. Melaksanakan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menghafal
bacaan salat
|
Salat dengan tertib
|
1. Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal
dan kelompok serta menghafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan
individu, dan menampilkan hafalannya
di depan kelas
|
1. Melafalkan bacaan salat dengan benar
|
Tes tulis
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan salat dengan benar!
|
6 x 35
menit
|
1. Lafal
bacaan salat di karton
2. Gambar
peraga salat
3.
Kaset/CD tentang bacaan dan gerakan
salat
4. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 3, hal
52-68
4. Buku tata
cara salat
5. Pengalaman
guru
|
2. Menghafalkan bacaan salat dengan benar
|
Tes tulis
|
Hafalan
|
Hafalkan bacaan salat dengan benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama
|
|||||
4.2
Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat
|
Salat dengan tertib
|
1. Siswa mempraktikkan gerakan salat secara
klasikal dan kelompok serta mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan
salat secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Mempratikkan gerakan salat
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan gerakan salat dengan benar!
Pratikkan keserasian antara
gerakan dan bacaan salat!
(Lihat Buku Pendidikan Agama
|
6 x 35 menit
|
1.
Lafal bacaan salat
2.
Gambar peraga salat
3. Kelas/ruangan/mushola
4. Kaset/CD
tentang bacaan dan gerakan salat
5.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,
hal 52-68
6.
Buku tata cara salat
7.
Lingkungan sekitar
|
2. Mempratikkan keserasian
antara gerakan dan bacaan salat
|
Tes
praktik
|
Praktik
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
||||||||
Latihan
semester 1 hal 73-76
|
2 x 35 menit
|
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) (
........................................................... )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar