Jumat, 24 Februari 2017

Silabus PAI KTSP Kelas 3

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   III
Semester             :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca kalimat dalam Alquran

Membaca dan menulis kalimat dalam Aquran

1.   Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat secara klasikal dan kelompok, melafalkan kalimat dalam Alquran sesuai makhraj dan harakat secara klasikal, kelompok dan individu serta guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar cara membaca huruf-huruf Alquran sesuai harakat dan makhraj

1.   Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar

Tes lisan

Pelafalan












1.  Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di bawah ini:
a. مَرْضِيٌّ
b. يَدْخُلُ
c. اَنْهَارٌ


3 x 35 menit








1.  Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3  hal 1-7
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD    tentang cara baca Alquran engalaman guru


2.   Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj

Tes lisan

Pelafalan

1.  Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat dan makhrajnya:
a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3   halaman 5 dan 7)


1.2 Menulis kalimat dalam Alquran

Membaca dan menulis kalimat dalam Alquran

1.   Siswa menulis kalimat Alquran dan menulis ayat-ayat Alquran secara individu serta menampilkan kemampuan menulisnya di depan kelas

1.   Menuliskan kalimat Alquran dengan benar







Tes tulis








Penulisan





Tuliskan kalimat-kalimat berikut dengan huruf Alquran sambung
a.   allahu kabirun
b.   fihi mukhtolifun
c.   lan tantahi

 3 x 35 menit



1.    Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2.    Buku tajwid
3.    Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3  hal 7-9
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD 

tentang cara menulis huruf Alquran
6.   Pengalaman guru




2.   Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar

Tes tulis

Penulisan

Tuliskan ayat-ayat Alquran berikut dengan huruf Alquran sambung:
a.   lam yalid walam yulad
b.   amma yatasa alun
c.   kalla saya’lamunna
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   III
Semester             :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal sifat wajib Allah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah SWT

Sifat wajib Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai definisi sifat wajib bagi Allah SWT dan menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT


Tes tulis

Essay

Apa definisi sifat wajib bagi Allah SWT?



 3 x 35 menit



1. Tulisan sifat wajib bagi Allah di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3  hal 14 - 18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar



2. Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan dua sifat wajib bagi Allah SWT!


2.2 Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT




Sifat wajib Allah SWT





1. Siswa menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya, mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT secara klasikal kelompok dan individu serta mengkaji kandungan dari lima sifat wajib bagi Allah secara berkelompok

1. Menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya



Tes tulis

Jawaban singkat

Apa perbedaan penglihatan Allah SWT dengan penglihatan manusia?


 3 x 35 menit





1. Tulisan lima sifat wajib bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima sifat wajib bagi Allah SWT pada karton lainnya untuk di cocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3  hal 14-18
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar

2. Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa arti dari sifat wujud yang dimiliki Allah SWT?

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),




............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                   ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                     NIP.




SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   III
Semester             :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menampilkan perilaku percaya diri














Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku percaya diri menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri, menyebutkan manfaat dan menjelaskan cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri





1. Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri

Tes tulis

Essay

Apa yang dimaksud dengan perilaku percaya diri?

 3 x 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku percaya diri
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3  hal 24-29
3. Alquran (juz Amma)
4. Pengalaman guru atau pribadi
5. Lingkungan sekitar

2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri

Tes tulis

Pilihan ganda

Andi bersedia menjadi wakil sekolahnya dalam olimpiade fisika karena memiliki perilaku . . .
a. sombong
b. percaya diri
c. kikir






3. Menyebutkan manfaat percaya diri

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan satu manfaat dari perilaku percaya diri!


1. Gambar peraga tentang perilaku tekun
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,  hal 30-36
3. Cerita yang berhubungan dengan perilaku tekun
4. Tuliskan lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
5. Alquran (jus Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



4. Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri

Tes tulis

Jawaban singkat

Tuliskan dua cara menumbuhkan perilaku percaya diri!

3.2 Menampilkan perilaku tekun













Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku tekun, menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun dan menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar serta membaca dan menghafalkan doa sebelum dan sesudah belajar

1. Menjelaskan pengertian perilaku tekun


Tes tulis



Essay




Apa yang kamu ketahui mengenai definisi tekun?



 3 x 35 menit



1. Gambar peraga tentang perilaku tekun
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,  hal 30-36
3. Cerita yang berhubungan dengan perilaku tekun
4. Tuliskan lafal doa sebelum dan sesudah belajar di karton
5. Alquran (jus Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar





















2.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun

Tes tertulis

Pilihan ganda

Aisyah berhasil mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian karena ia …  dalam belajar
a.  tekun
b.  malas
c.  bermain




3.  Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar dan bekerja


Tes tertulis


Jawaban singkat


Apa manfaat yang di dapat dari perilaku tekun?


3.3 Menampilkan perilaku hemat

Perilaku terpuji

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian perilaku hemat, menunjukkan contoh perilaku hidup hemat, menjelaskan cara-cara hidup hemat dan menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat

1.   Menjelaskan pengertian perilaku hemat





Tes tulis

Essay

Apa yang dmaksud dengan perilaku hemat?

3 × 35 menit


1.        Gambar peraga tentang perilaku hemat
2.        Cerita singkat yang berkaitan dengan perilaku hemat
3.        Buku pendidikan Agama Islam  Jilid  3 hal 37-42
4.        Alquran (Juz Amma)
5.        Pengalaman guru atau pribadi
6.        Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan contoh  perilaku hidup hemat




Tes tulis






Pilihan ganda






Lusi anak yang hemat, ia selalu menyisihkan uangnya untuk ….
a.  membeli mainan
b.  ditabung
c.   dihabiskan

3.  Menjelaskan cara-cara hidup hemat

Tes tulis

Jawaban singkat

Tuliskan dua cara hidup hemat!

4.  Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja manfaat yang dapat dipetik dari perilaku hidup hemat
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),




............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                   ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                     NIP.


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   III
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 4. Melaksanakan salat dengan tertib

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Menghafal bacaan salat

Salat dengan tertib

1. Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal dan kelompok serta menghafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu, dan  menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Melafalkan bacaan salat dengan benar

Tes tulis

Pelafalan

Lafalkan bacaan salat dengan benar!

 6 x 35 menit


1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Kaset/CD    tentang bacaan dan gerakan salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,  hal 52-68
4. Buku tata cara salat
5. Pengalaman guru


2. Menghafalkan bacaan salat dengan benar

Tes tulis

Hafalan

Hafalkan bacaan salat dengan benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3  halaman 56-68)

4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat










Salat dengan tertib





1. Siswa mempraktikkan gerakan salat secara klasikal dan kelompok serta mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu

1. Mempratikkan gerakan salat

Tes praktik

Praktik

Praktikkan gerakan salat dengan benar!



Pratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat!

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 3  halaman 67)

6 x 35 menit








1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3.  Kelas/ruangan/mushola
4.  Kaset/CD    tentang bacaan dan gerakan salat
5. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 3,  hal 52-68
6. Buku tata cara salat
7. Lingkungan sekitar


2. Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat


Tes praktik

Praktik
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Latihan semester 1 hal 73-76

2 x 35 menit



............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                   ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                     NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar